ilustrasi pipa

5 Sektor yang Paling Banyak Menggunakan Pipa Hitam Medium

Pipa hitam medium adalah jenis pipa yang terbuat dari baja karbon rendah dengan lapisan hitam dari zat korosi. Pipa ini juga sering dikenal dengan nama pipa baja hitam dan banyak toko yang jual pipa hitam. Pipa ini biasanya digunakan untuk menyalurkan fluida maupun untuk aplikasi lainnya, seperti pemasangan instalasi listrik. Pipa ini memiliki ketahanan terhadap korosi yang lebih baik daripada pipa baja biasa.

Proses Pembuatan

Pipa besi hitam terbuat dari bahan dasar bijih besi. Mineral besi tersebut melalui proses peleburan hingga mengental untuk kemudian diekstrak dan dibersihkan serta mengurangi kandungan karbon dan unsur-unsur yang tidak diperlukan.

Material tersebut selanjutnya akan melalui proses casting atau pengecoran untuk dicetak menjadi pipa berupa silinder dengan lubang di bagian tengah. Selanjutnya pipa yang sudah dicetak akan melewati tahap akhir berupa pelapisan dengan bahan pelindung dan pemotongan sesuai ukuran standar yang telah ditentukan.

Pipa Besi Hitam Untuk Konstruksi

Pipa hitam medium saat ini banyak digunakan untuk keperluan konstruksi. Pipa ini terbuat dari baja berlapis hitam, yang membuatnya kuat dan tahan lama serta tahan terhadap korosi. Dengan spesifikasi tersebut material ini dapat digunakan di luar ruangan maupun di area lembab. 

Pipa ini juga tahan panas dan dingin. Selain itu pipa ini juga lebih tebal daripada pipa standar, sehingga membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Hal ini membuat pipa tersebut cocok untuk keperluan struktural, seperti pemasangan jembatan, pembuatan pagar, bangunan, dan juga untuk keperluan konstruksi lainnya.

Pipa Besi Hitam Untuk Pertambangan

Selain untuk konstruksi, pipa besi hitam juga sering digunakan untuk aplikasi pertambangan. Pipa ini biasanya digunakan untuk menyalurkan air, udara, dan gas alam ke lokasi tambang. Pipa ini juga dapat digunakan untuk menyalurkan fluida tambang seperti minyak, gas, dan cairan beracun. Sifat pipa yang tahan lama dan tahan korosi membuatnya cocok untuk lingkungan tambang yang ekstrem.

Pipa Besi Hitam Untuk Pabrik

Dunia industri seperti pabrik sudah cukup banyak yang menggunakan pipa besi hitam. Pipa besi hitam ini biasanya digunakan untuk berbagai keperluan seperti pipa untuk sistem pendingin, sistem pemanasan, sistem pembuangan, dan lain-lain. 

Pipa Besi Hitam Untuk Perumahan

Pipa besi hitam medium juga sering digunakan untuk berbagai keperluan di dalam perumahan. Material ini biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa bagian perumahan seperti tangki air, pipa air, pipa gas, dan lain-lain. Pipa ini juga dapat digunakan untuk melewati dinding, lantai, atau tembok. Pipa ini cukup fleksibel dipasang di luar atau di dalam rumah karena tahan di berbagai kondisi lingkungan . Selain itu, pipa ini juga mudah untuk dipasang dan bersifat tahan lama.

Demikian sedikit informasi mengenai pipa hitam dan penggunaannya. Dengan banyaknya kegunaan yang ditawarkan oleh material ini, tidak heran jika permintaan terhadap pipa hitam medium semakin meningkat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.