ilustrasi besi

Hati-Hati! Ini Dia Cara Potong Besi WF yang Aman

Jangan memotong besi wf secara asal-asalan. Selain besar kemungkinan ukuran menjadi tidak sesuai, hal ini juga sangat membahayakan. Lalu, bagaimana cara potong besi jenis WF yang aman untuk mendapatkan ukuran yang sesuai untuk jual besi wf? Berikut ini alat yang diperlukan dan langkah-langkahnya. 

Alat yang Diperlukan untuk Memotong Besi WF

Ada beberapa alat yang harus Anda siapkan terlebih dahulu sebelum memotong besi jenis WF. Pertama, siapkan mata potong besi berukuran 10 cm. Kedua, siapkan juga kunci Inggris. Fungsi dari kunci Inggris adalah untuk mengencangkan posisi agar tidak bergeser saat besi akan dipotong.

Ketiga, jangan lupa siapkan penggaris siku, meteran, dan ballpoint atau spidol untuk menandai. Keempat, siapkan juga mesin gerinda tangan serta mesin circle yang biasa digunakan oleh tukang kayu atau blander.

Langkah-Langkah Memotong Besi WF 

Siapkan terlebih dahulu mesin circle. Pastikan mesin tersebut berfungsi dengan baik. Setelah itu, ganti mata potongnya dengan mata potong besi ukuran 10 cm yang sudah kita siapkan tadi. Gunakan kunci Inggris untuk membuka baut atau pengunci mata potong yang ada di mesin circle

Lepaskan mata potong yang ada di mesin untuk diganti dengan mata potong yang Anda inginkan. Setelah siap, ukur besi wf yang akan Anda potong sesuai dengan kebutuhan. Gunakan spidol untuk menandai ukuran Jika ukuran sudah sesuai, nyalakan mesin circle. 

Letakkan mata potong pada garis yang sudah Anda tandai. Potong besi perlahan hingga terbelah. Selesai! Besi WF sesuai ukuran siap digunakan sesuai kebutuhan. 

Tips Memotong Besi WF 

Walaupun cara di atas sudah sangat aman, tapi Anda tetap harus menggunakan pelindung. Untuk melindungi tangan, gunakan sarung tangan khusus pertukangan. Sarung tangan ini cukup tebal dan kuat. Dengan begitu, kulit akan terlindungi dari percikan api saat proses pemotongan. 

Selain itu, gunakan juga kacamata pelindung. Alat ini juga akan melindungi mata Anda dari percikan api saat memotong besi. Pastikan juga jika pengunci mata potong sudah rapat dan kuat sebelum digunakan untuk memotong. 

Nah, sekarang Anda punya besi wf sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Yang paling penting, Anda tetap aman dan tidak cidera sama sekali selama proses pemotongan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.