kulkas freezer

Kiat Menata Bahan Baku Makanan Dalam Kulkas Freezer Agar Rapi

Apa Anda pernah kebingungan mencari bahan makanan di kulkas freezer karena isinya yang berantakan? Bukan hanya menyulitkan pengambilan, hal ini akan mengkontaminasi bahan-bahan tertentu, misalnya daging. Maka dari itu, supaya freezer terlihat rapi dan mudah dikelola, bereskan dengan mengikuti tips di bawah ini!

  • Keluarkan semua isi freezer 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan semua isi dalam freezer. Kemudian pisahkan mana bahan yang dikonsumsi secepatnya dan yang dapat ditunda sementara. Setelah itu cairkan bunga es dengan menaikkan temperatur lemari es. Siapkan baskom atau ember untuk menampung air hasil lelehan es.

  • Simpan makanan di ziplock bag

Bagi Anda yang mempunyai freezer ukuran kecil, akali penyimpanan bahan makanan ke dalam ziplock bag. Tekan udaranya untuk mencegah pembusukan atau kontaminasi. Lalu tata sedemikian rupa yang akan memudahkan Anda menaruhnya kembali ke dalam freezer begitu selesai dibersihkan dan dikosongkan untuk pemeliharaan.

  • Bagi freezer jadi beberapa zona

Setelah bunga es mencair, tata freezer kulkas menjadi beberapa zona. Daging, sayuran, buah, dan makanan beku adalah bahan baku yang sebaiknya ditempatkan secara terpisah untuk menghindari kontaminasi. Sementara camilan atau makanan yang sudah diproses dapat diletakkan di area terbuka supaya mudah diambil dan teksturnya tak terlalu beku.

  • Beri label dan tanggal kedaluwarsa

Bagi Anda yang sering lupa menaruh bahan makanan, akali dengan menaruhnya di wadah dan melabelinya. Kemudian, berikan tanggal kedaluwarsa supaya Anda tahu mana bahan yang harus segera diolah dan masih bisa disimpan dalam beberapa waktu ke depan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah penumpukan bahan baku yang basi.

  • Bungkus makanan dengan ketat

Untuk membungkus makanan yang disimpan dalam freezer sebaiknya memakai cling wrap. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga penampilan sekaligus menekan risiko freezer burn. Kondisi yang satu ini merujuk pada makanan yang terdehidrasi, lalu membeku akibat dilapisi es. Maka dari itu, bungkus seketat mungkin bahan makanan tadi.

Selamat membersihkan kulkas freezer agar rapi dan terlihat semakin segar!

Leave a Comment

Your email address will not be published.