lemari es

Jangan Salah Pilih, Ini Dia Jenis-jenis Lemari Es yang Perlu Dipahami Beserta Fungsinya

Untuk menjaga kesegaran dan ketahanan makanan, tentu kita perlu memiliki kulkas atau lemari es di rumah. Sampai sekarang, kulkas sudah menjadi peralatan elektronik di rumah yang sangat penting karena memiliki fungsi cukup beragam. Mulai dari menjaga kesegaran makanan, menyimpan skincare atau obat-obatan, membuat es, dan lainnya.

Tak heran kalau saat ini sudah banyak jenis lemari es di pasaran yang bisa Anda pilih. Tentunya setiap jenis lemari es tersebut memiliki fungsi serta keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, jika Anda berniat membeli lemari es dalam waktu dekat ini, yuk pahami dulu jenis-jenis lemari es beserta fungsinya. Jenis dan juga ukuran kulkas memang cukup penting untuk dipahami agar Anda bisa memilih lemari es yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Kulkas Freezer

Jenis lemari es yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai alat menyimpan es krim, es batu, frozen food, dan bahan makanan lain yang jumlahnya banyak. Tak hanya itu saja, kemampuan jenis kulkas ini untuk membekukan makanan juga tergolong lebih efektif. Sebab, temperaturnya bisa mencapai minus 280 celcius. Jadi dapat menjaga kesegaran makanan dengan lebih maksimal. Tapi perlu dipahami bahwa freezer juga dibagi menjadi dua jenis, yakni deep freezer yang berupa kulkas satu pintu dan chest freezer yang bentuknya lebih lebar dengan pintu berada di bagian atas.

  1. Lemari Es Showcase

Apabila Anda tidak memerlukan kulkas yang berukuran besar, maka kulkas satu pintu dapat menjadi solusinya. Ukuran kulkas ini memang tergolong kecil dan konsumsi daya listriknya juga cenderung rendah jika dibandingkan dengan kulkas dua pintu. Namun sayangnya, di bagian freezernya sangat rentan tertutup bunga es. Sebab, freezer dan juga chiller ada di satu kompartemen.

  1. Kulkas Dua Pintu

Jenis lemari es yang satu ini hadir untuk memberikan solusi kepada Anda yang memerlukan kulkas dengan ukuran yang besar. Jika dibandingkan dengan jenis kulkas lainnya, lemari es yang satu ini memang paling populer karena sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik. Namun sesuai dengan ukurannya, konsumsi daya listrik dari kulkas ini juga cukup besar. Tentunya hal ini sebanding dengan keunggulan yang Anda dapatkan. Di mana penggunaan kulkas dua pintu akan membuat Anda merasa lebih leluasa dalam menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak.

  1. Kulkas Side by Side

Jika dilihat sekilas, jenis lemari es yang satu ini hampir mirip dengan kulkas dua pintu. Namun bedanya ada pada letak pintunya. Jika kulkas dua pintu mempunyai pintu di atas dan bawah, jenis kulkas side by side ini memiliki pintu di bagian kiri dan kanan. Untuk bagian kiri biasanya berfungsi sebagai freezer, sedangkan untuk bagian kanan berupa chiller.

Itulah beberapa jenis lemari es yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.