buku

Ternyata Begini Proses Print Buku Di Tempat Percetakan

Jasa print buku adalah proses dimana mesin percetakan melakukan proses pemindahan teks atau gambar. Bisa secara satuan ataupun massal ke kertas memakai tinta. Ketika kamu ingin mencetak buku, sebaiknya pahami proses atau alur di baliknya, agar tak terburu-buru namun saat ditanya mengenai file, ternyata belum siap print.

Proses Pra Cetak

Jika kamu ingin cetak buku misalnya seperti jasa print buku tabungan, dan lainnya tahap ini penting diketahui. Ini adalah proses persiapan file yang hendak dicetak. Meliputi persiapan cetak, pengecekan kelengkapan data, kesesuaian warna, imposisi serta output ke plat. Ada 4 langkah dalam lra cetak.

  1. Desain

Merupakan proses olah gambar, ukuran dari file, warna, spesifikasi dan juga konten. Juga dikenal sebagai pre media. Masih meliputi 4 hal, yaitu teks, foto (image), gambar (vektor), dan ukuran bidang desain.

  1. Layout

Selanjutnya, mengatur letak tulisan serta gambar, menyusun halaman, pemilihan jenis dan juga ukuran huruf, penetapan warna yang tepat serta mengatur tampilan sehingga tak terjadi ketimpangan. Dalam mengatur komposisi pada teks, proses layout berkaitan dengan mengatur huruf, yaitu tipe huruf, baris, kata, kolom, dan garis.

  1. Proofing

Proses proofing pada print buku yaitu mencoba hasil desainnya dengan print percobaan. Bisa disebut dengan istilah mockup, tapi kebanyakan orang di percetakan menyebutnya dummy. Proses ini penting karena hasilnya akan jadi acuan untuk print massal. Sekarang ini sudah banyak yang meninggalkan tahap proofing konvensional dan beralih ke digital.

  1. Cetak Plat

Sesuai namanya, ini adalah tahap pembuatan plat cetak dari suatu data yang sudah diolah. Dengan memakai komputer, saat ini sudah memungkinkan untuk langsung cetak ke atas olat. Tak perlu memakai film topografi. Sistem pada tahap ini disebut juga CTP (Computer to Plate) yang mana memerlukan 3 komponen dasar yaitu komputer, imaging system, dan printing plate.

Proses Produksi

Baik di tempat jasa print buku murah maupun mahal, proses produksi harus tetap diperhatikan. Proses ini berupa pemindahan tulisan maupun gambar dari mesin print ke atas kertas. Jika plat sudah dibuat, selanjutnya akan ditempatkan ke dalam mesin percetakan. Terdapat 3 langkah, yakni : 

  • Pelapisan plat dengan tinta
  • Meletakkan media cetak kepada plat
  • Mencetak pada media lewat transfer tinta menuju media cetak dari plat

Proses Finishing

Nah, sampailah kita ke tahap penyelesaian. Intinya disini meliputi proses penjilidan, melipat susun, penjahitan, nomorator, proses membungkus, dan lain-lain. Tahap finishing tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus presisi.

Jadi, saat ini memang teknologi digital memakai komputer sudah hampir digunakan oleh semua tempat percetakan. Dengan memakai metode digital, lebih mempunyai akurasi tinggi daripada konvensional. Demikianlah proses percetakan atau print buku yang sebaiknya kamu ketahui 

Leave a Comment

Your email address will not be published.