griddle gas

Apakah Perbedaan Alat Panggang Bakar Arang Dengan Gas?

Memanggang menjadi salah satu hal yang menyenangkan, tapi jika alat panggangnya kurang memuaskan seperti hasil panggangan banyak gosong dan rasanya pahit. Rasa pahit karena gosong bagi beberapa orang tak menjadi masalah tapi zat arang gosong ternyata memicu karsinogenik sel kanker. Untuk itu, gunakan alat griddle gas sebagai pemanggang aman yuk!

Alat panggang arang dan gas memiliki perbedaan hasil, ingin tahu?

Simak yuk, perbedaan alat panggang arang dengan griddle gas

  1. Citarasa 

Alat panggang arang lebih pas untuk makanan dengan proses memasak lebih lama sedangkan untuk griddle gas lebih pas untuk makanan yang harus dimasak cepat. Rasanya lebih pulen untuk alat griddle gas dimana setiap hasilnya tidak terasa bau asap dan yang ada adalah bau bumbu yang melekat. 

  1. Asap yang timbul 

Alat panggang arang menghasilkan jumlah asap lebih banyak dibandingkan dengan asap pada alat griddle gas. Asap yang mengepul tersebut bisa membuat batuk atau sesak nafas sehingga penggunaan arang hanya boleh mereka yang tidak memiliki sakit pernafasan. Asap yang terlalu banyak juga menimbulkan polusi udara. Sementara asap griddle gas muncul dari bagian masakan yang dipanggang saja. 

  1. Tingkat panas 

Alat panggang arang bisa memberikan panas hingga 600 derajat celcius sedangkan untuk alat griddle gas hanya bisa memberikan suhu maksimal 300 derajat. Nah, Anda yang ingin memanggang daging dengan kematangan stabil bisa memilih griddle gas anti gosong berlebihan. 

Ketika Anda menggunakan arang untuk memanggang jumlah orangnya yang bisa menaikkan suhu tapi tidak stabil bisa dikendalikan, jadinya ketika api mulai naik akan lebih banyak membakar masakan.

  1. Lama pemanasan 

Alat panggang arang butuh waktu pemanasan sekitar 30 menit sedangkan untuk griddle gas butuh 10 menitan saja. Bagaimana dengan kebutuhan Anda?

Jika Anda butuh untuk usaha kuliner maka sebaiknya memakai alat griddle gas tapi jika untuk hiburan mungkin bisa memakai alat panggang arang. 

Selera setiap orang berbeda ya!

  1. Cara membersihkan 

Alat panggang arang cara membersihkannya cukup dengan membuang sisa abu dan mengelapnya dengan lap basah. Sedangkan untuk griddle gas bisa dengan mengosongkan wadah minyak kemudian tunggu hingga tuntas dan ambil cairan khusus yang bisa mengangkat lemak.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam memanggang makanan adalah dinaikkan suhu alat panggang secara cepat. Memang dengan menaikkan suhu makanan akan lebih cepat matang tapi akan lebih cepat gosong juga terutama jika pakai arang. Anda tidak bisa mengambil aktivitas lainnya saat memanggang suhu tinggi dengan alat panggang arang, tapi dengan griddle gas akan membantu Anda lebih nyaman untuk nyambi memasak lainnya. Karena dengan pengaturan suhu, Anda bisa memperkirakan seberapa lama masakan matang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.