Besi Hollow Galvanis: Pengertian dan Proses Pembuatannya

Jika berbicara tentang besi hollow, maka galvanis menjadi salah satu dari jenis besi tersebut yang paling banyak digunakan. Pasalnya, jenis besi yang satu ini memang mampu memberikan banyak keunggulan untuk kebutuhan bangunan. Nah, di sini kita akan membahas lebih dalam tentang jenis besi yang satu ini.

Pengertian Besi Hollow Galvanis

Tahukah Anda bahwa besi galvanis berasal dari nama orang? Ya, Alessandro Volta dan Luigi Galvani merupakan dua orang yang menjadi inspirasi untuk nama besi tersebut. Jadi, mereka adalah ilmuwan dari Italia yang berhasil menemukan sifat elektrokimia dari seng.

Besi galvanis mempunyai karakteristik yang unik. Warnanya cerah dan mempunyai ketahanan yang bagus terhadap korosi. Bahkan, lapisan zink pada besi tersebut sebesar 97% yang berfungsi untuk menjadikan besi tersebut tidak mudah berkarat.

Besi ini mempunyai dua jenis jika dilihat dari material pembentuknya dan proses galvanisasi yang dilakukan. Pertama adalah besi hitam dengan proses Hot-Dip Galvanizing. Kedua adalah besi galvanis yang dibuat melalui proses Pre-Galvanizing.

Proses Pembuatan

Salah satu proses pembuatan besi galvanis adalah Hot-Dip Galvanizing atau HDG. Pada proses itu dilakukan pencelupan besi ke dalam cairan seng bersuhu tinggi. Jadi, dibutuhkan penampang yang tebal dan besar agar bisa tahan terhadap panas.

Namun, sebelum melalui proses tersebut, besi itu harus dibentuk terlebih dahulu. Lembaran besi dibuat menjadi besi hitam yang kemudian akan memasuki proses galvanisasi. Pada proses tersebut dilakukan proses HDG. 

Suhu yang dibutuhkan untuk melakukan proses tersebut adalah 440 hingga 460 derajat celcius. Tujuan dari dilakukannya proses ini adalah untuk menghilangkan sisa oksidasi yang masih tersisa di dalam besi tersebut. Proses perendamannya bisa dilakukan selama 2 menit. 

Jika sudah melalui proses itu, selanjutnya besi akan masuk ke proses pendinginan. Jadi, besi itu dimasukkan ke dalam cairan sodium chromate dalam suhu ruang atau air. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya pembentukan karat putih.

Kemudian, besi itu bisa dihaluskan dengan proses finishing. Proses itu dilakukan dengan menghaluskan permukaan pipa agar terlihat runcing. Hal ini juga bertujuan untuk menjadikan sisa seng yang tidak rata menjadi halus. 

Ini bisa menjadi informasi baru bagi Anda yang ingin menggunakan besi hollow galvanis untuk rumah Anda. Pastikan Anda memilih besi galvanis terbaik dan memang terjamin kualitasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.