ilustrasi ice flake

Kegunaan Ice Flake Machine

Ice Flake Machine itu merupakan suatu jenis mesin yang digunakan untuk membuat es yang mana es yang dibuat itu memiliki bentuk kecil dan kotak. Mesin ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan baik itu supermarket maupun jenis swalayan lainnya. Lalu kira-kira apa saja kegunaan dari mesin ini? Dan bagaimana proses membuat es menggunakan mesin tersebut? Simak artikel berikut ini

Kegunaan dari ice Flake Machine 

Ice Flake Machine itu tergolong suatu jenis mesin yang umumnya digunakan untuk membuat es batu yang berbentuk kecil kotak. Selain itu mesin ini juga dapat digunakan untuk mengawetkan jenis makanan baik itu dalam bentuk daging maupun ikan agar tidak mudah basi. Tidak hanya itu untuk produk kemasan daging juga membutuhkan es batu untuk mengawetkan makanan.

Selain kegunaan dari mesin tersebut, ada berbagai cara kerja yang harus Anda pahami sebelum menggunakan mesin, antara lain:

  1. Adanya proses refrigerasi

Proses refrigerasi itu memiliki bentuk seperti mesin pengolahan es batu. Pada proses ini terdapat tekanan dengan ukuran yang rendah kemudian gas tersebut masuk ke dalam pipa yang disebut pipa evaporator, pipa ini berbentuk melingkar mengelilingi mesin es yang berbentuk seperti drum.

  1. Proses pemompaan

Setelah proses refrigerasi dilakukan proses pemompaan dengan cara memasukkan air pada mesin, pastikan air yang Anda masukkan telah mengalir pada keseluruhan tabung gas pada mesin.

  1. Proses perubahan air menjadi es batu

Setelah proses pemompaan sudah dilakukan maka air yang ada pada tabung gas itu akan berubah menjadi es batu dalam waktu yang singkat.

  1. Proses pemotongan dengan menggunakan mesin

Jika air yang dimasukkan pada tabung gas telah berubah menjadi es batu maka mesin akan otomatis mengeluarkan pisau untuk memotong es batu agar berbentuk sempurna. Jika es sudah terpotong maka es akan jatuh pada bagian bin atau biasa disebut penampung es.

Proses pembuatan es batu dengan menggunakan mesin pembuat es hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit  sampai dengan 20 menit. Untuk kapasitas air pembuatan es batu itu hanya sekitar 500 kg, daya yang dibutuhkan juga terbilang sangat rendah sehingga Anda tidak mengeluarkan banyak dana untuk membayar listrik. Daya listrik untuk mesin pembuat es ini hanya sekitar 2,34KW.

Proses pembersihan mesin es batu

Agar mesin pembuat es itu awet dan tahan lama maka Anda harus melakukan perawatan secara rutin seperti:

  1. Langkah pertama Anda dapat membersihkan bagian utama mesin

Bagian utama yang ada pada mesin pembuat es itu seperti bagian tangki air dan evaporator agar sanitasi es dapat tersusun dengan rapi.

  1. Melakukan pemeriksaan 

Pemeriksaan pada bagian alat seperti baut reducer serta oli dapat Anda cek atau diganti dengan yang baru agar lebih maksimal proses kerjanya.

Hal diatas adalah berbagai kegunaan dan proses kerja dari ice Flake Machine yang dapat menjadi referensi bagi Anda jika ingin menggunakan mesin pembuat es tersebut. Gimana menarik bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published.