h beam

Apa itu Besi H Beam

Dalam dunia konstruksi maka banyak bahan material yang digunakan. Salah satunya adalah bahan material besi dalam aneka jenis bentuk dan ukuran. Dalam hal ini ada yang namanya jual besi H Beam.

Apa itu Besi H Beam

Besi H beam adalah besi baja dalam bentuk balok yang dibuat dengan proses hot rolled atau canai panas, serta memiliki bentuk yang mirip dengan huruf H. Balok besi ini biasanya digunakan dalam konstruksi bangunan, dan jembatan, dan yang lainnya. Besi H beam ini mirip bentuknya dengan besi 

WF (Wide Flange). Sehingga jangan sampai salah beli. Flens besi H Beam jauh lebih lebar dan juga lebih panjang jika dibandingkan dengan besi WF yang kuat menahan beban tarik aksial. Selain besi bentuk H ini maka dalam dunia konstruksi juga dikenal besi dalam bentuk U yaitu yang sering disebut sebagai besi UNP yang sering digunakan sebagai balok penutup pada atap serta untuk penopang dinding.

Kisaran Harga Besi H Beam

Pada saat membeli besi H Beam maka usahakan untuk memilih yang standar dan telah lolos SNI (Standar Nasional Indonesia). Mengenai harganya maka tergantung pada kualitas dan juga ukurannya. Terdapat beberapa variasi balok besi H Beam. Adapun sebagai gambarannya maka kisaran harga pasaran besi H Beam untuk yang berukuran dimensi 100 mm x 100 mm x 6 mm x 8 mm x 6 meter, suatu ukuran yang paling laris di pasaran, harganya sekitar mulai dari 1,3 juta Rupiah per batang hingga 1,5 juta Rupiah per batang. Sedangkan harga untuk balok besi H Beam yang lainnya seperti yang berukuran dimensi 400 mm x 400 mm x 13 mm x 21 mm x 12 meter adalah di kisaran mulai dari harga 29 juta Rupiah per batang hingga 32 juta Rupiah per batang. Harga ini bisa menjadi patokan atau acuan dasar, gambaran secara umum. Jadi jika mendapatkan penawaran harga yang jauh lebih rendah dari itu maka justru perlu waspada. Jangan sampai mengorbankan kualitas karena fungsi balok besi dalam proses pembangunan dan konstruksi itu sangat penting dan menentukan keselamatan dan keamanan hasil bangunannya setelah jadi. 

Itulah yang dimaksud sebagai balok besi H Beam. Perhatikan spesifikasinya pada saat membeli agar tidak salah beli. Hal ini karena terdapat banyak jenis dan juga ukuran serta bobot balok besi yang bisa dipergunakan dalam dunia konstruksi. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.