ice cube

9 (Sembilan) Aneka Jenis Ice Machine

Kini makin banyak yang berminat memiliki ice machine seperti mesin ice cube, baik untuk keperluan rumah tangga pribadi maupun untuk keperluan bisnis usaha. Selain beragam merk dan harga maka pilihannya banyak sebagai berikut.

Produksi Ice Machine

Ada ice machine yang bisa menghasilkan es kotak, es batu atau kubik es. Jenisnya ada 2 macam, yakni es batu putih yang proses pembekuannya dari luar, tapi mudah meleleh, dan es batu kristal yang bening dan transparan yang lebih awet dan tidak akan mudah mencair. Lalu juga ada mesin pembuat es krim, baik itu untuk soft ice cream atau hard ice cream atau frozen yoghurt dan lain sebagainya.

Daya Listrik yang Diperlukan Ice Machine

Lalu kapasitas daya listrik yang diperlukan tiap ice machine untuk bekerja juga beragam.

Kapasitas Jumlah Produksi

Begitu juga dengan kapasitas jumlah produksinya. Ada yang kecil, sedang hingga besar. Pilih sesuai kebutuhan.

Tingkat Kecepatan Kerja Ice Machine

Berikutnya adalah tingkat kecepatan kerjanya. Ada yang cepat dan ada yang lambat.

Metode atau Sistem Kerjanya

Kemudian cara kerjanya juga bisa berbeda-beda. Ada yang menggunakan sistem kompresor atau sistem mangkuk dan lain sebagainya. Lalu juga ada yang sudah beroperasi secara otomatis atau yang semi manual.

Dilengkapi Penahan Dingin

Lalu ice machine juga ada yang fungsinya khusus menghasilkan es nya saja, tanpa dilengkapi sistem untuk menjaga keawetan hasil produk es yang telah jadi. Sehingga begitu jadi produk es nya maka harus segera digunakan atau dikonsumsi sebelum mencair atau jika ingin awet maka perlu dipindahkan ke freezer. Namun ada juga ice machine yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin yang akan menjaga agar hasil produksi es nya tidak cepat mencair dan tetap terjaga dalam suhu beku.

Harga ice machine yang mampu menjaga produksi es yang dihasilkan agar selalu tetap dalam suhu yang ideal tentunya, dan tak perlu tiap kali harus dipindahkan ke freezer, akan lebih mahal.

Tingkat Kebisingan Kerja Ice Machine

Berikutnya juga dengan tingkat kebisingan pada saat pengoperasiannya. Ada yang cukup bising sehingga mungkin akan sangat mengganggu jika dinyalakan saat di malam hari, tapi ada yang mampu bekerja dengan lebih senyap. Hal ini bisa menjadi pertimbangan juga pada saat hendak membelinya.

Ukuran dan Berat Ice Machine

Kemudian ukuran mesinnya juga bobot beratnya pun bermacam-macam. Ada yang kecil kompak sehingga mudah dibawa dan di tempatkan di mana saja. Istilahnya ice machike protable. Ada yang berukuran sedang, lalu juga ada yang berukuran besar. Sesuaikan dengan lokasi penggunaannya.

Desain dan Warna Ice Machine

Pada beberapa café dan restiran ice machine juga difungsikan sebagai pajangan yang akan bisa dilihat oleh para konsumen atau tamu yang datang. Sehingga perhatikan juga desain serta pilihan warnanya agar bisa serasi dengan desain interior ruangan yang ada.

Itulah berbagai jenis ice machine yang bisa dibeli melengkapi peralatan dapur yang ada.

Leave a Comment

Your email address will not be published.