ice cube

3 Masalah yang Sering Terjadi Pada Ice Cube Machine

Secara teknis, ice cube machine memang memberikan kemudahan untuk industri yang membutuhkan pasokan es batu dalam jumlah besar. Namun, tahukah Anda kalau mesin pembuat es juga rentan mengalami kerusakan bila tidak dirawat? Kerusakan pada mesin es pun cukup bervariatif, mulai dari kerusakan kecil hingga fatal yang berakibat pada mesin mati total. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin pembuat es. 

  1. Es Batu Kotor dan Keruh

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada mesin es adalah es batu yang dihasilkan kotor dan keruh. Hal ini terjadi karena beberapa sebab, seperti tekanan air tidak cukup dan filter air yang kotor. Es batu yang kotor tentunya mengandung kuman dan tidak layak dikonsumsi. 

Sebab dapat menimbulkan penyakit dan akan mempengaruhi reputasi bisnis Anda bila terjadi hal yang tidak diinginkan oleh konsumen setelah mengkonsumsi minuman di tempat Anda. Jika es batu yang dihasilkan keruh dan kotor jangan panik dulu. Untuk mengatasinya, keluarkan es secara rutin agar aliran air tetap bersih.

  1. Overheat

Selain es kotor, mesin pembuat es juga rentan mengalami overheat. Mesin terlalu panas bisa terjadi akibat kondensor yang kotor dan tertutup debu. Akibatnya, sirkulasi udara menjadi tidak lancar sehingga mesin mudah panas walaupun baru digunakan sebentar. Solusinya, Anda perlu membersihkan bagian yang kotor. 

  1. Es Tidak Higienis

Kasusnya hampir mirip dengan yang pertama, di mana es yang dihasilkan tidak bersih. Hal ini bisa terjadi akibat tangki penampungan air yang kotor sehingga memicu pertumbuhan bakteri. Oleh karenanya, bersihkan tangki ice cube machine secara berkala.

Untuk membersihkan bagian ini tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan penyumbat atau selang untuk membuang air sisa yang ada di tangki. Mengingat mesin es digunakan setiap hari, maka bersihkan bagian ini sesering mungkin agar kualitas es terjaga.

Ketiga masalah tersebut sering terjadi pada ice cube machine. Agar performa mesin es tetap stabil, pastikan untuk merawatnya dengan benar dan rutin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.